virus part 4


virus part 4

Salah satu karakteristik virus adalah bersifat parasit obligat yaitu karakteristik yang selalu bersifat merugikan atau dapat dikatakan pasti bersifat merugikan. Hal ini dikarenakan aktivitas hidupnya yang melakukan proses metabolisme memanfaatkan materi genetik dari sel hidup lain dan kemudian menghancurkannya.

Keseluruhan dari virus bersifat parasit bagi sel hidup lain dan sebagian besarnya merupakan patogen baik bagi hewan maupun tumbuhan. Satu-satunya manfaat dari mereka yang saat ini dapat direkayasa oleh manusia adalah memanfaatkan kemampuan tubuh manusia untuk membuat antibodi dari virus-virus yang telah dilemahkan sehingga tubuh dapat menghasilkan antibodi atau serum alami dari virus yang telah dilemahkan tersebut di dalam tubuh.

Pada dasarnya virus memiliki bagian-bagian yang antara lain kepala dilindungi oleh struktur yang disebutj kapsid berfungsi sebagai pelindung materi genetik yang dimilikinya. Bagian berikutnya adalah leher dan serabut kaki yang berfungsi sebagai saluran untuk mengalirkan materi genetik yang akan dimasukkan ke dalam tubuh sel hidup dan bagian terakhir adalah ekor yang berperan memasukkan materi genetik virus ke dalam tubuh sel hidup yang diinfeksinya.

Posted from WordPress for Android

Tentang MOEJIE

Guru Biologi
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Biasakan berkomentar gan....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s