Virus part 3


Virus tidak dapat dikatakan sebagai makhluk hidup karena tidak dapat melakukan proses metabolisme tanpa kehadiran makhluk hidup lain yang nantinya akan digunakan materi genetik makhluk tersebut sebagai bahan untuk virus mengadakan metabolisme.

Metabolisme yang dilakukan oleh virus untuk melalukan replikasi materi genetiknya yang akan menggunakan materi genetik sel hidup sebagai bahan bakunya. Nantinya materi genetik sel hidup tersebut akan diubah menjadi bahan untuk membuat virus-virus baru baik menggunakan siklus lisis ataupun menggunakan siklus lisogenik. Siklus-siklus ini adalah daur penggandaan materi genetik virus yang berbahan dasar materi genetik sel hidup tersebut yang hanya berbeda pada pecah atau tidaknya membran sel dari sel hidup yang ditumpanginya.

Siklus lisis adalah daur metabolisme virus yang menyebabkan hancurnya membran sel bakteri atau sel hidup lainnya dikarenakan terbentuknya virus-virus baru yang akan keluar melalui membran sel yang diinfeksinya. sedangkan siklus lisogenik adalah daur metabolisme virus yang tidak menyebabkan pecahnya membran sel dari sel bakteri atau sel hidup lainnya, tetapi materi genetik virus akan menyatu bersama materi genetik sel hidup yang ditumpanginya dan akan ikut membelah pada fase pembelahan sel hidup tersebut. Siklus lisogenik akan terjadi apabila keadaan lingkungan sel tidak menguntungkan bagi virus dan jika menguntungkan bagi virus maka siklus lisislah yang akan dilakukan oleh virus. Hal inilah yang menyebabkan penyakit-prnyakit yang disebabkan oleh virus akan sulit disembuhkan.

Posted from WordPress for Android

Tentang MOEJIE

Guru Biologi
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Biasakan berkomentar gan....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s