Klasifikasi


Klasifikasi

Oleh Suparmuji

Klasifikasi didefinisikan sebagai suatu kegiatan atau proses pengelompokkan makhluk hidup ke dalam tingkatan-tingkatannya masing-masing berdasarkan persamaan ciri-ciri yang tampak sama baik ciri morfologi, anatomi maupun fisiologi makhluk hidup.

Klasifikasi terbentuk karena adanya keanekaragaman hayati, keadaan tersebut mengharuskan kita sebagai pengguna untuk dapat lebih mengenal karakteristik makhluk hidup tersebut. Sehingga para ahli biologi di dunia berpendapat bahwa diperlukan suatu persamaan persepsi tentang tata cara pengenalan makhluk-makhluk hidup tersebut jadi dipelopori oleh CAROLUS LINNEAUS yang nantinya dikenal sebagai bapak Klasifikasi membuat suatu sistem tentang tata cara pengenalan makhluk hidup dengan mekanisme menempatkan makhluk-makhluk hidup tersebut ke dalam tingkatan-tingkatannya berdasarkan persamaan-persamaan ciri yang ada seperti keadaan morfologi, anatomi maupun fisiologi makhluk hidup.

Secara umum, terdapat tujuh (7) tingkatan dalam mekanisme pengelompokan makhluk hidup yang dikenal dengan sebutan Takson. Hal ini yang menjadi alasan mengapa ilmu yang khusus mempelajari tentang mekanisme klasifikasi adalah Taksonomi atau dapat kita artikan sebagai sebuah ilmu tentang penempatan makhluk hidup ke dalam kelompok / tingkatannya masing-masing berdasarkan dari persamaan ciri yang tampak. Saat ini makhluk hidup terbagi menjadi 5 kelompok besar yaitu :

  1. Kingdom Monera, kelompok yang dianggotai oleh makhluk hidup uniseluler yang bersifat prokariota.
  2. Kingdom Protista, adalah sekumpulan makhluk hidup yang bersifat Uniseluler tetapi selnya bersifat Eukariota.
  3. Kingdom Fungi adalah kelompok makhluk hidup yang dianggotai oleh makhluk hidup baik yang bersifat uniseluler ataupun multiseluler.
  4. Kingdom Plantae adalah kelompok makhluk hidup yang anggotanya memiliki sifat multiseluler dan memiliki struktur khusus yang disebut klorofil.
  5. Kingdom Animalia adalah kelompok makhluk hidup multiseluler yang dapat bergerak secara aktif.
(bersambung….)

Tentang MOEJIE

Guru Biologi
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Biasakan berkomentar gan....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s