Biodiversitas


Biodiversitas atau keanekaragaman hayati adalah totalitas variasi yang terdapat pada makhluk hidup. Banyaknya variasi yang terdapat pada keseluruhan makhluk hidup yang ada di dunia ini membawa kita pada kebermacaman pilihan atau alternatif pilihan pemanfataan makhluk hidup. Jadi kebermacaman makhluk hidup yang ada di dunia ini memberikan banyak manfaat bagi kita selain untuk mengenal juga memberikan kita pada alternatif pemanfaatan makhluk hidup.
Keanekaragaman hayati yang terdapat di dunia ini dapat dikelompokkan ke dalam 3 tingkatan keanekaragaman hayati yaitu :

1. Keanekaragaman hayati tingkat gen
Keanekaragaman hayati pada tingkat ini menggambarkan adanya variasi pada makhluk hidup yang sejenis. Sehingga semua makhluk hidup yang termasuk pada tingkat ini berada pada tingkatan jenis yang sama, misalnya perbedaan belang pada kucing, banyaknya kucing yang terdapat di dunia juga merupakan contoh konkrit yang dapat dilihat dari keanekaragaman tingkat ini. Tentunya masih banyak lagi contoh-contoh yang lainnya.

2. Keanekaragaman tingkat jenis
Keanekaragaman hayati pada tingkat ini menggambarkan banyaknya perbedaan makhluk hidup yang berbeda jenisnya. Berbeda dengan keanekaragaman tingkat gen, keanekaragaman pada tingkat ini semua makhluk hiupnya berasal dari makhluk hidup dengan jenis yang berbeda. Manfaat yang dapat kita ambil dari adanya keanekaraman pada tingkat ini adalah adanya alternatif pemanfaatan makhluk hidup jika makhluk hidup yang ingin kita manfaatkan tidak tersedia. Misalnya pemanfaatan kayu bangkirai untuk pembangunan rumah jika tidak tersedia kayu ulin.

3. Keanekaragaman hayati tingkat ekosistem
Keanekaragaman hayati pada tingkat ini adalah yang paling tinggi dari ketiga jenis keanekaragaman hayati karena pada tingkat ini menggambarkan betapa luasnya dan banyaknya ekosistem yang terdapat di dunia ini, walaupun ekosistem sendiri tidak mempunyai ukuran standar untuk suatu lingkungan digambarkan sebagai suatu ekosistem.

Admin—soeparmoejie

Posted from WordPress for Android

Tentang MOEJIE

Guru Biologi
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag . Tandai permalink.

Biasakan berkomentar gan....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s