ARTIKEL NGI


Membalik Evolusi

Oleh Alex Pangestu  | 12-05-2011 | http://ngi.cc/niV | alam dan lingkungan

Membalik Evolusi

Wikimedia Commons

Tim peneliti berhasil menemukan bahwa evolusi dapat dibalikkan dalam kondisi tertentu.

“Kita tahu pada beberapa kasus evolusi mungkin dibalikkan. Yang ingin kita ketahui adalah apa yang memungkinkan evolusi dibalikkan,” kata Jeff Gore, asisten profesor fisika di MIT.

Untuk itu, mereka mencoba evolusi pertahanan tubuh bakteri terhadap obat. Mereka menemukan, meskipun dalam jumlah kecil, evolusi karena adaptasi gen terhadap obat bisa dibalikkan. Evolusi hanya dapat dibalikkan ketika evolusi melibatkan mutasi terhadap kurang dari empat gen berbeda. Jeff dan timnya memadukan hasil uji coba ini dengan model komputer.

Perdebatan tentang evolusi bisa dibalikkan sudah muncul ketika Charles Darwin mencetuskan teori ini pada 1859. Pada tahun 2003, ilmuwan menunjukkan kalau beberapa spesies serangga memiliki sayap, kehilangan sayap, kemudian memiliki sayap lagi dalam rentang waktu jutaan tahun. Beberapa tahun kemudian, tim yang berbeda menemukan kalau protein yang membantu respons sel tidak dapat berevolusi kembali ke bentuk semula.

Gore sendiri berpendapat bahwa adaptasi kompleks bukannya tidak bisa kembali ke awal. “Adaptasi yang rumit lebih sulit dikembalikkan,” katanya.

Pada penelitian lanjutan, Gore ingin mengetahui dampak perubahan lingkungan terhadap evolusi. Penelitian saat ini akan terbit di jurnal Physical Review pada 13 Mei atas nama dua junior di MIT, Longzhi Tan dan Stephen Serene. (Sumber: MIT)

http://nationalgeographic.co.id/lihat/berita/1173/membalik-evolusi

Tentang MOEJIE

Guru Biologi
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Biasakan berkomentar gan....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s