ARTIKEL WABI


EVOLUSI leg 4…

Semua pendapat darwin mengenai evolusi dan perjalanan panjangnya di kepulauan Galapagos ditulisnya dalam sebuah buku yang berjudul The Origin of Species by means of Natural Selections (Asal usul spesies disebabkan Seleksi Alam). Buku ini menjadi sangat laris karena mengangkat permasalahan yang sangat kontroversial dan mengganggap bahwa makhluk hidup ada dengan sendirinya melalui proses alam yang tidak disengaja. Terlebih anggapan bahwa manusia mempunyai asal muasal yang sama dengan kera.

Sangat menyentuh fundamental kemanusiaan dengan teori-teorinya tersebut, tetapi darwin tetap meneruskan penulisan buku tersebut hingga saat ini telah terbit sebanyak 6 edisi. Banyak yang tergugah setelah membaca buku tersebut, tidak sedikit pula yang menentang akan teori tersebut. Darwin tentunya tidak asal dalam memberikan pendapat mengenai evolusi, sejumlah bukti-bukti yang memperkuat akan teorinya tentang evolusi melalui mekanisme seleksi alam. Beberapa bukti tersebut antara lain :

1. Homologi dan Analogi Tubuh Makhluk Hidup.

Homologi adalah struktur tubuh yang memiliki bentuk-bentuk yang serupa dengan fungsi yang berbeda. sedangkan Analogi didefinisikan struktur tubuh yang memiliki bentuk-bentuk yang berbeda tetapi memiliki fungsi yang sama.

Dua hal ini juga dijadikan bukti oleh darwin dalam memperkuat teorinya, dengan asumsi bahwa serupanya bentuk rangka pada beberapa hewan merupakan bukti bahwa telah terjadi proses perubahan bentuk tubuh yang diturunkan dari generasi ke generasi sehingga merubah bentuk tubuh dari keadaan awalnya, karena adanya perbedaan fungsi dari alat gerak tersebut. Homologi yang paling sering ditampilkan adalah homologi alat gerak antara makhluk hidup seperti sayap ayam, tangan manusia, kaki kucing serta sirip paus. Analogi digunakan darwin sebagai pembanding dalam teorinya yang menggunakan homologi untuk memperkuat teori tersebut.

bersambung pada evolusi leg 5

Tentang MOEJIE

Guru Biologi
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Satu Balasan ke ARTIKEL WABI

  1. irwan berkata:

    emang bnar mnusia dlutercipta dri tnah
    tpi jman dhlu mnusia mca krak

Biasakan berkomentar gan....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s