ARTIKEL WABI


EVOLUSI leg 3…

Thomas Robert Maltus yang mengispirasi Darwin mengenai hukum alam yang mendasari peristiwa seleksi alam, bahwa makhluk hidup yang terkuatlah yang dapat survive sedangkan makhluk hidup yang lemah harus dapat beradaptasi atau MATI. Keterbatasan jumlah makanan dan barrier geografi menyebabkan burung finch mengalami seleksi alam dan adaptasi yang berlangsung dari generasi ke generasi selama ratusan hingga ribuan tahun yang menyebabkan terjadinya perubahan pewarisan sifat burung finch tersebut. Selain burung finch, darwin juga mengamati dua ekor kura-kura raksasa yang memiliki karakteristik yang sedikit berbeda dari kura-kura dibelahan bumi lainnya.

Dasar pemikiran Darwin, sangat dipengaruhi oleh pemikiran kakeknya Erasmus darwin yang juga salah satu pemikir tentang evolusi, yang beranggapan bahwa evolusi terjadi karena bagian fungsional terhadap stimulasi adalah diwariskan. Erasmus Darwin juga merupakan pemikir evolusi melalui proses seleksi alam. Selain Erasmus darwin, ada beberapa pemikir evolusi yang terkenal antara lain :

1. ANAXIMANDER (611-547 SM), ia beranggapan bahwa manusia berasal dari makhluk akuatik mirip ikan yang mengalami evolusi

2. EMPEDOCLAS (490-430 SM), ia beranggapan bahwa kehidupan berasal dari lumpur hitam yang mendapat sinar matahari dan berubah menjadi makhluk hidup.

3. ARISTOTELES (384-322 SM), ia berpendapat bahwa evolusi berdasarkan metafisika alam yang dapat mengubah organisme sederhana menjadi organisme yang kompleks.

4. JEAN BAPTISE DE LAMARCK (1744-1829), ia beranggapan bahwa proses evolusi didasarkan pada proses adaptasi yang terjadi pada makhluk hidup. Pendapatnya mendapat tentangan dari kakek Charles Darwin dan Darwin sendiri.

beberapa pendapat para ahli juga menjadi sandaran Darwin dalam mengembangkan teorinya, para pemikir tersebut antara lain :

1. SIR CHARLES LYELL (1797-1835), yang mengemukakan teori tentang geologi.

2. THOMAS R MALTHUS (telah dibahas pada evolusi leg 2)

 

—bersambung pada evolusi leg 4—

 

Tentang MOEJIE

Guru Biologi
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Biasakan berkomentar gan....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s