ARTIKEL WABI


EVOLUSI Leg 1

(bahan ajar kelas XII)

by moejie01

 

Menjadi lumrah manusia untuk ingin tahu apa yang belum mereka ketahui, termasuk tentang keberadaan makhluk hidup di Bumi dan Penciptaan Alam Semesta. Seperti sebuah jam yan sering kita lihat untuk menunjukkan waktu, kehidupan pastilah memiliki suatu awal. Bagaimana proses awal ini dapat dijelaskan, bagaimana menjelaskan tentang keberadaan manusia dan makhluk hidup yang ada di muka Bumi serta kejadian penciptaan alam.

Sejak zaman dahulu orang telah mengira kemungkinan dari mana makhluk hidup berasal, banyak teori-teori yang mencoba menjelaskan tentang proses ini. Mulai dari teori yang menerangkan bahwa makhluk hidup berasal dari lumpur hitam, makhluk yang tak hidup sampai pada pengaruh kekuatan supranatural. kemudian, Dunia dihentak pada abad ke 19 dengan teori Darwin yang mengatakan bahwa makhluk hidup berasal dari proses evolusi melalui mekanisme seleksi alamnya. Kenapa teori ini begitu menghentak, hal ini tidak lain karena opininya yang mengatakan bahwa manusia modern saat ini berasal dari evolusi primata atau lebih tepatnya manusia saat ini berasal dari kera.

Apa sebenarnya Evolusi itu, perkataan evolusi merupakan kata serapan dari bahasa inggris yaitu Evolution. Evolusi sendiri didefinisikan sebagai suatu proses “kompleks” yang menyebabkan terjadinya perubahan dalam pewarisan sifat yang diturunkan dari generasi ke generasi dalam kurun waktu yang sangat lama (mungkin sampai jutaan tahun). Definisi inilah yang pernah ditanyakan oleh salah satu peserta didik admin dalam proses pembelajaran. Ia (peserta didik) bertanya “apakah jika tubuh makhluk hidup diberikan suatu perlakuan, sehingga menyebabkan perubahan bentuk tubuh makhluk hidup tersebut juga dapat dikatakan evolusi ???”

Evolusi merupakan suatu proses kompleks yang menyebabkan terjadinya perubahan pada proses pewarisan sifat, sehingga jika yang terjadi hanya pada bentuk suatu mahluk hidup ini bukanlah merupakan suatu bentuk evolusi, ini hanyalah proses adaptasi tubuh terhadap perlakuan yang kita berikan. Sama seperti ketika kita berada pada suatu tempat yang terang benderang karena lampu yang menyala, seketika lampu padam. Apa yang terjadi, keadaan akan menjadi sangat gelap hingga tidak ada satu benda pun yang dapat kita lihat, tapi tunggu beberapa saat perlahan-lahan beberapa benda mulai dapat terlihat. Kenapa hal ini dapat terjadi, ini dikarenakan mata kita menyesuaikan kemampuannya dengan keadaan disekitarnya untuk menangkap cahaya yang lemah, kemampuan ini dinamakan adaptasi. Pertanyaan peserta didik admin tidaklah salah, karena menurut salah satu penggagas teori evolusi bahwa evolusi bekerja melalui beberapa cara salah satunya ADAPTASI.

Kembali kepermasalahan Evolusi yang dikemukakan oleh Darwin.

Siapa sebenarnya Darwin ???

Darwin, memiliki nama lengkap Charles Robert Darwin seorang Ilmuwan Inggris yang hidup antara tahun 1809 hingga 1882. Merupakan cucu dari ilmuwan Erasmus Darwin yang juga merupakan penggagas mengenai teori Evolusi. Darwin mencetuskan teori evolusinya ketika ia mengikuti perjalanan mengelilingi dunia pada tahun 1831 untuk memetakan jalur pelayaran bersama kapal H.M.S Beagle. Selama pelayaran tersebut ia banyak mengumpulkan bukti-bukti seperti fosil, batu-batuan serta sampel makhluk hidup untuk mendukung opininya mengenai Evolusi.

Ketika berada di Kepulauan Galapagos, kepulauan yang terletak di daerah Equator sekitar 1080 km dari daratan utama Amerika Selatan. Disana ia menjumpai beberapa makhluk hidup yang menarik perhatiannya disebabkan perbedaan bentuk dari pada makhluk hidup sejenis dari daratan lainnya.

…. Berlanjut pada Evolusi leg 2….

Admin–moejie

 

Tentang MOEJIE

Guru Biologi
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Biasakan berkomentar gan....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s