ARTIKEL


Kelelawar langka ditemukan di hutan kecil di Sumatra

Oleh Alex Pangestu  | Rabu, 10 November 2010 | lingkungan

Kelelawar langka ditemukan di hutan kecil di Sumatra

Matt Struebig

Seekor kelelawar langka ditemukan di sebuah hutan kecil di Sumatra. Temuan oleh ilmuwan asal Queen Mary, University of London dan Durrell Institute of Conservation and Ecology, University of Kent ini memiliki arti: hutan, berapa pun luasnya, sangat berharga untuk dijaga.

kelelawar yang ditemukan di hutan seluas 300 hektar di Sumatra barat tersebut termasuk spesies Hipposideros ridleyi. Ia tinggal di rongga dalam pohon besar. kelelawar yang memiliki hidung seperti daun itu didaftarkan sebagai “vulnerable” dalam daftar Union for Conservation of Nature’s Red List of Threatened Species.

Hutan kecil tempat ditemukannya ridleyi dikelilingi oleh kebun kelapa sawit. Kebun-kebun itu biasanya dibuat dengan cara membuka hutan menjadi lahan dan seringkali mengancam habitat hewan-hewan langka. High Conservation Value menyarankan agar para perusahaan perkebunan sawit mengidentifikasi area miliknya untuk mengetahui area yang bisa dipakai untuk konservasi.

Area yang disurvei oleh para ilmuwan tersebut dimiliki oleh sebuh perusahaan perkebunan sawit dan dikelola sebagai area konservasi sehingga gangguan terhadap area konservasi bisa diminimalkan. Awalnya, kepemilikan tersebut diragukan oleh para peneliti. Tapi setelah survei, mereka mengaku kalau hutan kecil itu bisa bermanfaat untuk konservasi spesies tertentu.

 

Arikel Asli Pada Situs NATIONAL GEOGRAPHIC INDONESIA

Tentang MOEJIE

Guru Biologi
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Biasakan berkomentar gan....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s